Surakarta, Jumat 26 Juli 2024 – SMKN 6 Surakarta mengadakan workshop “Pembuatan Media Pembelajaran dengan Artificial Intelligence (AI)”  kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dari semua jurusan di SMKN 6 Surakarta bersama narasumber Masruhan Mufid, S. Pd., M.Kom.

Kegiatan workshop diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirigen ibu Kristyaningsih, S.Pd., M.Pd. Dilanjutkan dengan berdoa dipandu oleh bapak Badarudin Muhammad Khadam, S.Pd., M.Pd., kemudian sambutan dari kepala sekolah Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si.,M.Pd. Dalam sambutannya, sebagai orang nomor satu di SMKN 6 Surakarta, beliau menekankan bahwa sebagai guru, kita harus senantiasa belajar karena kita adalah pendatang bagi generasi saat ini. Situasi dan kondisi terkini yang diwarnai oleh kecanggihan teknologi hendaknya dapat kita ikuti. Caranya yakni dengan tak henti mengasah diri. Seperti gelas kosong yang senantiasa siap menerima ilmu agar gelas yang kosong dapat terisi. Sehingga kita dapat mendampingi dan membersamai generasi saat ini melalui pembelajaran dengan selamat dan bahagia sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman sebagaimana diamanahkan dalam kurikulum merdeka.

Oleh karenanya, pada workshop kali ini berisi tentang penguasaan teknologi yang dapat mempermudah dalam menyampaikan materi. Pemberian materi tentang penggunaan AI oleh bapak Masruhan Mufid, S.Pd., M.Kom. sebagai narasumber yang diselingi dengan tanya jawab bahkan langsung praktik oleh bapak ibu guru untuk memperdalam pemahamannya pada materi yang telah dipelajari. Workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi terkini yang dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman materi. Menelaah CP dan menurunkannya pada TP sampai menjadi Modul Ajar, dapat dilakukan hanya dengan menguasai teknologi ini. Mengubah suara menjadi teks, mengalih-bahasakan dari dan ke berbagai macam bahasa sasaran, mengubah tulisan tangan menjadi teks dapat dengan cepat dan mudah dilakukan oleh AI. Sehingga dapat membantu guru lebih efektif dan efisien dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran. Melatih dan membiasakan para guru dalam memanfaatkan teknologi AI untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Pemanfaatan AI diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan efektif. Selama workshop, bapak ibu guru mendapatkan materi dan praktek langsung tentang penggunaan berbagai aplikasi dan tools berbasis AI, seperti pembuatan animasi melalui auto draw pada Animated drawing, penggunaan google drive untuk mempermudah dalam mentranslate bahasa dan mengubah file pdf menjadi word, pemanfaatan chatgpt untuk pembelajaran, Canva for education yang ada AInya juga, berkenalan dengan Gemini Akademi dan Revo Indonesia serta pemanfaatan berbagai media menarik yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien dalam persiapannya.

Workshop “Pembuatan Media Pembelajaran dengan Artificial Intelligence (AI)” di SMKN 6 Surakarta ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi para guru untuk terus mengembangkan diri dan berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang lebih baik bagi siswa-siswi mereka.

Ditulis oleh : Diana Ayu Purnamasari, S.Pd (Mahasiswa PPG-Prajabatan UMS)

#perpustakaanwijang  #smkn6solo   #wijanglibrary   #literasi   #perpusnas   #p3smptperpusnas #ppukperpusnas