SURAKARTA. Sabtu, 17 Agustus 2024, SMK Negeri 6 Surakarta melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Warga sekolah berkumpul di lapangan depan dalam penuh kekhidmatan. Suasana pagi yang hangat turut meningkatkan semangat nasionalisme seluruh peserta upacara.

Upacara dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Siswa berjajar rapi dengan pakaian Osis. Sementara itu, guru dan staf juga tampak rapi dengan balutan Baju Adat Nusantara. Masing-masing membawa semangat juang para pahlawan yang akan dirayakan dalam momen peringatan kemerdekaan bangsa.

Ibu Dr. Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. bertindak sebagai pembina upacara, memimpin jalannya upacara dengan penuh khidmat. Sementara itu, dari siswa, Hans Tito Leonel bertugas sebagai Pemimpin Upacara, juga Kevin Indra Kurniawan, Amira Tisawati Siena, dan Arvel Satriya Perdana bertugas sebagai pengibar bendera.

               Dengan langkah tegap penuh semangat dan sesekali memberi senyum, barisan anggota Paskibra kompak berjalan menuju tengah lapangan guna mengibarkan bendera Merah Putih. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya mengiringi prosesi pengibaran. Nyanyian ini merupakan bentuk semangat perjuangan, kebanggaan, dan harapan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

               Pada kesempatan ini, pembina upacara, Ibu Dr. Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim. Dalam pidatonya, Ia mengajak kita semua untuk mengingat salah satu pelajaran paling bermakna dalam perjalanan bangsa dan negara Indonesia, yakni bahwa tidak akan ada kemerdekaan tanpa perjuangan yang dilakukan dengan bergotong royong.

               Kemerdekaan Indonesia adalah buah dari gerakan menuju satu cita-cita bersama. Begitu pun dengan cita-cita untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan, harus kita perjuangkan bersama-sama dengan semangat gotong royong. Dalam lima tahun terakhir ini, kita semua telah berjuang dalam gerakan Merdeka Belajar.

               Merdeka Belajar merupakan salah satu langkah perjuangan pendidikan yang harus ditempuh semua civitas.  Semua warga sekolah harus bahu-membahu mewujudkan pendidikan yang merdeka dan bermutu. Langkah ini telah dan akan terus dilakukan oleh seluruh warga SMK Negeri 6 Surakarta.                Momen khidmat upacara diakhiri dengan pengumuman dan penyerahan hadiah lomba dalam rangka perayaan HUT RI ke-79. Adapun lomba untuk guru dimenangkan oleh guru ULP, guru Akuntansi, dan guru Matematika. Sementara itu, lomba video kreatif siswa dimenangkan oleh kelas XI AKL 3, lomba baca puisi dimenangkan oleh Ananda Maisya Nafisahla Putri dari kelas XI MPLB 2, dan lomba menghias lampion dimenangkan oleh kelas XI MPLB 1.

Seluruh warga sekolah berharap momen kemerdekaan ini tidak berhenti pada ajang perayaan saja, namun juga dapat menjadi motivasi untuk senantiasa belajar dan bekerja keras dalam setiap langkah. Menyatukan setiap kekuatan untuk berkolaborasi, berinovasi, dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Nusantara Baru, Indonesia Maju, Jayalah Indonesiaku. SMK Negeri 6 Surakarta sepakat untuk terus maju. SMK Viska, Smart dan Semangat. SMK Viska, Visioner, Inovatif, Sinergi, Kompeten dan Amanah.

Oleh: Novi Iswandari, S.Pd.

#perpustakaanwijang  #smkn6solo   #wijanglibrary   #literasi   #perpusnas   #p3smptperpusnas #ppukperpusnas